Minggu, 03 November 2019

Sri Mulyani Beberkan Cara Menikmati Belajar Makro Ekonomi

PLN Uji Coba Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Lombok Timur

, Jakarta - Manager Pembangkitan PT PLN (Persero) Daerah Nusa Tenggara Barat Suprianto menerangkan, PLN tengah mengetes coba Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Independent Power Producer (IPP) Lombok Timur memiliki 2x25 megawatt punya swasta yang berada di Sambalia, Lombok Timur. Eksperimen itu gagasannya akan dikerjakan selama Januari 2017.

Suprianto menjelaskan, sekarang, PLN melakukan pengujian beban (load rejection) untuk mengetes peranan serta keunggulan PLTU Lombok Timur. “Uji coba ini akan berefek pada keunggulan skema kelistrikan yang menyebabkan berlangsungnya pemadaman pada konsumen setia dengan situasional,” tuturnya dalam info tercatat, Senin, 23 Januari 2017.

Baca : Pembangkit Listrik Jawa-Bali akan Raih 30 Ribu Megawatt

Suprianto menerangkan, eksperimen dikerjakan dengan mengetes kemampuan beban pembangkit dengan setahap mulai 25 % sampai 100 %. Hal itu dikerjakan untuk lihat keadaan mesin dari bagian operasional, apa telah berjalan secara baik serta siap dioperasikan.

Menurut Suprianto, pada titik tersendiri, eksperimen ini mungkin mengakibatkan berlangsungnya masalah suplai yang menyebabkan berlangsungnya pemadaman dengan situasional. Tetapi diyakinkan sifatnya sesaat, cuma 1/2 sampai satu jam telah kembali menyala.

Manager PLN Ruang Mataram Chaidar Syaifullah meminta maaf pada semua konsumen setia atas pemadaman yang berlangsung. “Kami minta maaf pada konsumen setia atas ketidaknyamanan yang berlangsung. Minta doanya supaya proses eksperimen ini bisa berjalan secara baik,” katanya.

Chaidar memberikan tambahan, beroperasinya PLTU Lombok Timur akan tingkatkan daya dapat kelistrikan Lombok 50 megawatt. Pada Februari ini, daya dapat skema kelistrikan Lombok direncanakan sampai 293,7 megawatt. Ini sebab terdapatnya perawatan pada beberapa pembangkit serta berakhirnya kontrak beberapa pembangkit sewa.

Chaidar mengatakan, sekarang, tersedianya daya, terutamanya untuk Pulau Lombok, dalam kondisi cukup. Meskipun begitu, menambahkan pembangkit butuh terus dikerjakan untuk memberi dukungan perkembangan ekonomi di Propinsi NTB. Diluar itu, menambahkan pembangkit dikerjakan supaya tidak berlangsung defisit daya di masa datang.

DANANG FIRMANTO

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar